Sunday, December 28, 2014

Definition of The Eight Part of Speech


Part of Speech adalah unsur-unsur kata yang berfungsi sebagai pembentuk kalimat, adapun unsur-unsur kata itu terbagi menjadi delapan jenis kata yang dikenal dengan nama The Eight Part of Speech yang mana pembagiannya adalah sebagai berikut; monggoo…

1. Noun (kata benda) adalah kata yang menunjukkan benda baik dari wujudnya (Concrete and Abstract, cara menghitungnya (Countable and Uncountable), jumlahnya (Singular and Plural), jenis kelaminnya (Gender), dari kasusnya (Nominative Case, Possessive Case, Objective Case).

2. Adjective (kata sifat) adalah kata yang memberikan sifat pada kata benda. Fungsi Adjective ada dua yaitu sebagai pelengkap (Attributive Adjective) dan sebagai predikat (Predicate Adjective). Adjective diklasifikasikan menjadi delapan bagian yaitu; kata sifat yang menggambarkan (Descriptive Adjective), menunjukkan bilangan secara pasti (Numeral Adjective), menunjukkan berapa banyak jumlah benda  (Quantitative Adjective), sebagai kata tunjuk benda (Demonstrative Adjective), memberikan sifat pada proper noun (Proper Adjective), memberi sifat pada kata Tanya (Interrogative Adjective), menerangkan kepemilikan pada benda (Possessive Adjective), menerangkan benda yang dimaksud bermacam-macam (Distributive Adjective), memberikan kata sandang untuk noun (Article), memberikan tingkatan pada Descriptive and Quantitative adjective yaitu (The Degrees of Comparison).

3. Verb (kata kerja) adalah kata yang menjelaskan pekerjaan yang dilakukan oleh subyek. Dan ada juga verb yang tidak menjelaskan pekerjaan melainkan sebagai pembantu penjelas subyek supaya menjadi kalimat yang lengkap. Kata kerja dikelompokkan dalam beberapa golongan yakni dari segi kegunaannya yang terdiri dari tiga bentuk yaitu bentuk sekarang (Infinitive), lampau (Past tense), lampau sempurna (Past Participle). Menurut perubahan waktunya (Regular and Irregular Verb), menurut obyeknya (Transitive and Intransitive), menurut fungsinya dalam kalimat (Full Verb and Ordinary Verb), (Auxiliary Verb), (Lingking Verb).

4. Pronoun (kata ganti) adalah kata yang berfungsi untuk menggantikan kata benda atau sesuatu yang dibendakan, agar tidak terjadi pengulangan kata yang bersifat monoton.  pronoun diklasifikasikan dalam beberapa kelompok yaitu; kata yang menggantikan subyek (Personal Pronoun), kata yang menggantikan  kepunyaan (Possessive Pronoun), kata ganti yang ditujukan pada diri sendiri (Reflexive Pronoun), kata ganti penunjuk (Demonstrative Pronoun), kata ganti tak tentu (Indefinite Pronoun), kata ganti Tanya (Interrogative Pronoun), kata ganti yang menggabungkan dua kalimat menjadi satu (Relative Pronoun).

5. Adverb (kata keterangan) adalah kata yang digunakan untuk menerangkan kata kerja, kata sifat dll yang menerangkan keterangan dari bagaimana caranya, kapan, atau dimana peristiwa itu terjadi. Adverb dibagi dalam beberapa bagian yaitu; menerangkan cara (Adverb of Manner), menerangkan tempat (Adverb of Place), menerangkan waktu (Adverb of time), menerangkan tingkat keseringan (Adverb of Frequency), menerangkan ketegasan dalam jawaban iya atau tidak (Adverb of Affirmation), menerangkan tingkatan yang seberapa derajat atau persen dari yang diterangkan (Adverb of Degree), menerangkan kemungkinan (Adverb of Probability), kata keterangan yang menggabungkan dua kalimat menjadi satu (Relative Adverb), menerangkan pertanyaan (Interrogative Adverb), menerangkan tingkat perbandingan (Degrees of Comparison in Adverb)  
         
6. Preposition (kata depan)adalah kata yang umumnya diletakkan didepan kata benda (Noun) dan kata ganti (Pronoun) untuk menghubungkan dengan kata-kata yang lain dalam suatu kalimat.

7. Conjunction (kata penghubung) adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata, kalimat dengan kalimat, atau dapat diartikan kata yang menghubungkan kata-kata, frasa, klausa dalam sebuah kalimat. Kata penghubung dibedakan menjadi dua yaitu untuk menghubungkan kata, frasa , klausa, kalimat yang setara dan sederajat (Coordinate Conjunction) dan untuk menghubungkan kata, frasa , klausa, kalimat yang tidak setara dan sederajat (Subordinate Conjunction).

8. Interjection (kata seru)adalah kata seruan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan baik itu gembira, terharu, sedih, marah bahkan mengumpat. Kata seru umumnya diakhiri dengan tanda seru (!) meskipun sebenarnya Interjection bukan termasuk dalam Part of Speech, tetapi Ulama’ Grammar menganggapnya sebagai kata tertua dalam dunia bahasa karena bahasa manusia awalnya dimulai dari kata seru.

MK


No comments:

Post a Comment