Sunday, June 21, 2015

Pengertian Topik, Tema dan Judul

Topik, Tema, dan Judul mungkin menjadi kendala kebingungan bagi beberapa orang yang hendak menulis. Namun, ketika kita sudah mengetahui perbedaannya kita pasti akan senang untuk menulis.

Topik adalah pokok pembahasan dari penulisan, diskusi, ceramah dll. Ketika kita ingin menulis artikel, pertimbangkan dulu apa topik artikelnya. Misalnya membahas tentang memasak, berenang, melukis,dll. Maka itulah yang dinamakan topik.

Tema adalah pengkhususan terhadap topik. Tema berisikan Topik+Pendapat penulis. misalnya ketika kita ingin menulis artikel dengan topiknya memasak. Lantas kita membuat temanya dengan keinginan kita. Misalnya memasak nasi goreng, memasak tumis kangkung dll.

Lalu apa itu judul?? Judul adalah jiwa/nama dari keseluruhan karangan. Misalnya ketika kita sudah  mendapatkan topik karangannya memasak, dengan temanya memasak nasi goreng. Maka bolehlah kita memberi judul terserah kita misalnya judulnya nasi goreng ala rumahan, nasi goreng lezat, nasi goreng merah pedas dll.

Berikut ini adalah contoh Topik, Tema Dan Judul:

MEMASAK NASI GORENG LEZAT

Terdapat beberapa langkah langkah untuk membuat nasi goreng lezat. Pertama-tama tentu persiapkan bumbu yang akan dicampurkan dengan nasi. Persiapkanlah nasi empat piring, udang ukuran sedang yang sudah matang, ayam diiris kotak-kotak yang sudah direbus, mentega, bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, garam, dan terasi.  Hidupkan kompor dengan nyala api sedang dengan menggoreng mentega higga melebur. Setelah itu masukkan bumbu bawang putih dan bawang merah yang sudah di uleg. Lalu masukkan nasi kedalamnya. Masukkan cabai merah besar yang sudah diuleg dengan tambahkan sedikit garam bersamaan. Tambahkan terasi lalu tunggu hingga warnanya kemerahan terasa sudah matang. Setelah itu tiriskan ke mangkuk besar dan taburilah diatasnya dengan ayam kotak-kotak yang sudah direbus dengan udang yang sudah dimasak.

Spesifikasi paragraf;

Topik: Memasak nasi goreng
Tema: Langkah-langkah memasak nasi goreng
Judul: Memasak nasi goreng lezat
Kategori: Resep memasak

Nah, setelah tahu apa itu Topik, Tema dan judul, bagaimana perasaan anda saat ini. Tertarikkah anda untuk menulis?
  
           

            

11 comments: