Sunday, December 28, 2014

Understanding about Word Formation (formasi kata)



Word Formation adalah proses pembentukan kata, dengan cara menggabungkan, memotong, meringkas  maupun meminjam dari bahasa lain sehingga merubah bentuk kata dari asal. Adapun proses pembentukan kata yaitu ada: Compounding, Derivation, Inflection,Coinage, Conversion, Borrowing, Blending, Clipping, Back Formation, Acronyms, Onomatopoeia.

1. Compounding  adalah proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan dua kelas kata atau lebih menjadi satu bentuk baru. Contoh: home work, black board dll.

2. Derivation adalah proses pembentukan kata dengan cara memberi affiks atau imbuhan pada kata tersebut, sehingga pembentukan kata baru yang dihasilkan tersebut akan menghasilkan perubahan kelas kata dan perubahan makna. Contoh Act (V) Actor (N) dll.

3.  Inflection adalah proses pembentukan kata dengan cara menambahkan imbuhan tetapi tidak merubah kelas kata pada bentukan kata yang baru tersebut. Adapun kegunaan inflection yaitu sebagai penanda -s jamak, Penanda –s (she drinks)kata ganti orang ketiga tunggal, Penanda waktu lampau ed (past tense) dll.

4.  Coinage adalah kata yang terbuat dari penyebutan sehari-hari pada nama produk, semisal kata Aqua, Sanyo, Kodak(camera). Masyarakat  akan cenderung menyebut nama tersebut pada produk yang semisalnya dan yang berfungsi sama dengannya.

5. Conversion adalah proses perubahan kelas kata dengan tanpa merubah bentuk kata tersebut. Contoh: Butter the bread, Empty the box, bottle the water dll.

6.  Borrowing adalah proses pembentukan kata dengan cara meminjam atau mengambil kosakata dari bahasa lain. Contoh : burglar, accuse  dll.

7.  Blending adalah proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan dua kata atau lebih dengan cara menghilangkan bagian tertentu pada kata yang lama terlebih dahulu sebelum digabungkan menjadi kata baru. Contoh:Brunch merupakan kata baru dari breakfast dan lunch, traveloguemerupakan kata baru dari travel dan monologue dll.

8.  Clipping adalah proses pembentukan kata dengan cara memotong bagian dari kata itu sendiri. Clipping juga didefinisikan sebagai proses pembentukan kata yang berasal dari kata yg memiliki lebih dari satu suku kata yang mendapat proses pemotongan kata pada bagian awal atau akhir. Contoh:Gasoline became Gas, Professor-Prof, Influenza-Flu dll.

9.  Back Formation adalah proses pembentukan kata dengan cara memisahkan imbuhan atau yang merupakan kata dasar dari sebuah kata. Back Formationjuga didefinisikan sebagai pemotongan bagian kata yang menghasilkan perubahan pada kelas kata dari bentukan barunya. Contoh: Editor (N), dipotong morfem or nya maka menjadi Edit (V).

10. Acronym adalah proses pembentukan dengan cara mengambil dari huruf awal pada tiap suku kata yang disusun untuk menyebutkan singkatan atau kepanjangan dari suatu istilah dan hasilnya bisa diucapkan sebagai sebuah kata. Contoh: ISO (Intenational Standard Organistion), WWW (World Wide Web), WHO (World Health Organisation)  dll.

11. Onomatopoeia adalah kata yang tercipta dari suara yang mewakili dari kata benda. Contoh: cock-a-doo (kukuruyuuk), meow (meong) dll.


No comments:

Post a Comment