Thursday, January 15, 2015

Kuliah semester pertama itu bagaimana sih, penasaran??? masuk yuk

Assalamualaikum bro/sis bertemu lagi bersama saya The Most Handsome Blogger in The World hehehe. Bro/sis ini cerita kuliah semester pertama saya saat kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menceritakannya pada antum sekalian, lumayan untuk berbagi kisah sekaligus ngisi blog yang udah lama tak tersentuh kata-kata.

Saya menulis ini dengan perasaan senang bro/sis karena kenapa? Karena nilai mata kuliah semester satu saya menyenangkan sekali, meski tak mencapai titik sempurna hehehe...  Kuliah semester satu saya dimulai pada 1 September  2014 sampai 22 Desember 2014 kira-kira ditempuh tiga bulanan setengah bro/sis. Saya mengambil jurusan Sastra Inggris untuk program studi saya. Mungkin sebagian kalian bertanya-tanya, apa bedanya jurusan Sastra Inggris dengan Pendidikan Bahasa Inggris?

Kalau Sastra Inggris itu mendalami Bahasa Inggris secara keseluruhan misal dari sejarahnya, bahasa slanknya dan semua yang berkaitan dengan budaya berbau inggris. Kalau Pendidikan Bahasa Inggris itu dikhususkan untuk mencetak para pengajar/guru Bahasa Inggris, jurusan itu lebih ditekankan pada tehnik cara mengajar siswa dengan kreatif dan mudah untuk dipahami dalam Bahasa Inggris sebagaimana kita ketahui tidak sulit untuk mengajar siswa apalagi anak SD.

Dalam jurusan Sastra Inggris menu makanannya tidak hanya Bahasa Iggris melulu bro/sis didalamnya juga terdapat pelajaran-pelajaran lainnya yang berkompetensi, semisal ilmu Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Agama Dll. Apalagi di universitas saya, Universitas islam malah banyak pelajaran agamanya yang kebetulan cocok sekali untuk saya alumni pondokan hehehe… di semester dua nanti ini saya banyak mata kuliah agama bro sis, seperti contoh; Studi Hadist, Studi Al-qur’an, Filsafat, Studi Hukum Islam, Ilmu Kalam Dll. Tuh kan bro/sis dengar judul mata kuliahnya aja udah bikin penasaran, bagaimana nggak penasaran coba, itu semua khan ilmunya para Kyai dan Professor hehehe…

Nah kalian penasaran kan apa aja sih yang ane pelajari dalam jurusan sastra inggris pada semester satu, sabar.. sabar.. akan saya ceritakan kok. Pada semester satu saya mempelajari banyak mata kuliah bro/sis diantaranya Pronunciation ilmu yang mempelajari tentang pengucapan dan pelafalan Bahasa Inggris dengan benar seperti artikel pernah yang saya tulis, Basic Structure mempelajari imu tata Bahasa Inggris secara dasar, Vocabulary mempelajari tentang bentuk dan jenis-jenis kata mengapa kata itu bisa seperti itu, Listening, Speaking, Bahasa Indonesia, Pengantar Studi Islam mempelajari tentang ilmu agama secara dasar yang pada akhirnya mengantarkan kita pada pelajaran agama pada semester dua serta lain-lainnya.

Apa dalam perkuliahan kerjanya itu hanya belajar dan belajar? Tentu tidak bro/sis antum semua bisa berorganisasi kok, banyak organisasi-organisasi di kampus yang bisa kalian nggabung seperti contoh nih, jika kalian suka nulis, dikampus ada organisasi yang menampung mahasiswa yang suka nulis, ada pencak silat, ada drama, ada band dan masih banyak lagi deh yang belum ane sebutin. Intinya sih antum jangan sampe kecanduan sama organisasi bisa-bisa IPK antum jelek. Ane sendiri sih jujur nggak ikut organisasi sama sekali, selain waktu ane yang super super sibuk ane juga nggak seneng berorganisasi hehehe... tapi jangan ditiru bro/sis, entar kalian malah nggak dapat sertifikat lho,, karena sertifikat itu penting nantinya untuk syarat mengajukan skripsi (tugas akhir).


Lulus dari jurusan sastra inggris bisa jadi apa?? Tenang bro/sis,, seperti film-film india bahawa Lakon Menang Keri hehehe,, nggak usah khawatir tentang kerjaan, banyak kok kerjaan menanti para sarjana sastra inggris, seperti menjadi duta besar Negara untuk luar negeri, Presenter, Jurnalis Media, Penyanyi, Penerjemah umum yang saya pernah tahu guru saya menerjemahkan satu lembar dihargai tujuh puluh lima ribu, dan masih banyak lagi yang lain. Kalau saya sendiri sih bercita-cita menjadi penyanyi berbahasa inggris bro/sis, mengingat suara saya yang merdu mendayu-dayu J terus gitu, juga pengen berbisnis di negeri paman sam yaitu Amerika.

Untuk yang satu ini mungkin nggak boleh dilewatkan, apalagi lulusan pondokan pasti penasaran, yaitu apa cewek-cewek kuliah itu cantik-cantik? Hehehe  yang jelas semuanya itu sama aja bro/sis ya ada yang cantik juga ada yang jelek, tapi ane saranin nih, kalau mau pacaran pacaran aja bro/sis yang serius, cintai sepenuh hati, jangan nikung-nikung nanti ketilang, karna itu bukan sifat pria sejati. dan juga jangan terlalu ngurusin si dia, bisa bisa semua tugas kececeran.. satu lagi kalau mau pacaran jangan satu kelas, nanti berabe urusannye, nanti bisa digojlokin tiap hari loo..  Saran ane ini seolah-olah udah banyak pengalaman ya bro/sis padahal ane sendiri  juga nggak punya pacar hehehe,,, nggak papalah sesame sodara muslim khan saling mengingatkan. Baiklah bro/sis udah dulu, capek nih ane ngetiknya byee,,,


MK

1 comment: