Wednesday, January 28, 2015

Tutorial pemrograman KRS semester 2 UIN Sunan Ampel


Assalamualaikum bro/sis. Berjumpa lagi bersama saya, kali ini saya mau membahas tentang tutorial pemrograman KRS semester 2 UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun nanti pembahasannya yaitu mengenai pembayaran UKT di Bank BTN, Log In Siakad, Memilih mata kuliah dan kelasnya. Baiklah mari kita bahas penjelasannya satu persatu…

  
Membayar UKT di bank BTN yaitu anda datang ke Bank BTN dengan membawa uang, jangan sampai nggak bawa, mengisi formulir pembayaran termasuk nanti disana mengisi nama universitas, nomer NIM, alamat rumah, dll seperti gambar disamping ini. Setelah itu kita menuju ke teller untuk menunjukkan Nomer NIM kita nanti teller akan memprosesnya, setelah itu teller akan memberitahu nama kita, fakultas kitadan jumlah pembayaran, setelah itu barulah kita membayar UKT nya.

Log In siakad yaitu setelah membayar kita langsung membuka siakad kita, langsung menuju ke menu Perkuliahan Mhs dan memilih sub menu KRS. Setelah itu kita akan ditampilkan dengan tampilan KRS baru semester 2, adapun tentang tanda segitiga merah yang berkelap-kelip dengan tulisan “KRS belum disetujui” itu menandakan bahwa kita belum memilih mata kuliah dan belum datang kepada dosen wali kita.

Memilih mata kuliah ialah kita mengeklik tombol “Tampilkan daftar”  pada tampilan KRS tadi lalu memilih, adapun memilih mata kuliahnya yaitu apabila seumpamanya kita kelas C semester 2, maka centang Mata Kuliah Harian yang ada kelas C nya semua dan semesternya yaitu semesternya kita. Tempat untuk mencentang mata kuliah terdapat pada sisi kiri daftar mata kuliah. Disana terdapat banyak mata kuliah, termasuk mata kuliah semester 4. Adapun ketika kita telah memilih semua Mata Kuliah yang semua jumlah SKS nya itu  22 lalu kita hanya dibatasi hanya 20 saja, itu artinya, IPK kita kurang tinggi, sehingga kita hanya dibatasi 20 SKS saja. ada yang bilang kalau mau mengambil 22 KRS,  IPK nya harus 3,5 keatas.

Namun bagi anda yang ingin mengatur jam kuliah, anda bisa masuk ke kelas lain untuk mengatur waktu yang anda inginkan, misalnya hari senin kelas C pelajaran Introduction linguistik jam 10.00-12.00, dan pelajaran Studi hadist jam 02.15-03.45. tentu sesudah pelajaran linguistik jam 12 kita akan menunggu pelajaran berikutnya yaitu jam 2. nah itu memakan waktu 2 jam untuk menunggu, agar kalian tidak menunggu gantilah pelajaran tersebut dengan jam kelas lain, dengan memilih waktu yang dekat dengan jam 12 agar kita tidak menunggu.

Lantas bagaimana kalau SKS kita dibatasi 20 ?  ya kita harus menghapus salah satu Mata kuliah dari sebelas mata kuliah tersebut agar menjadi 10 mata kuliah/20 SKS. Lalu apa yang akan kita hapus salah satu dari sebelas mata kuliah tersebut?  kalau saya, saya menghapus Mata Kuliah IAD IBD, karena menurut saya pelajaran itu lebih mirip sama pelajaran IPA, Sosiologi dan Budaya  saat dulu saya sekolah, dan saya kurang tertarik pada pelajaran tersebut.

Adapun langkah selanjutnya ketika kita sudah memilih KRS ialah mengeprint KRS. Dengan mengeklik gambar Print pada pojok kanan, kita akan ditampilkan pada jendela Print yang mana nanti akan kita print 2 lembar yang satu untuk kita, satunya lagi untuk Dosen Wali, setelah KRS di print, jangan lupa untuk mengeprint KHS juga, jadi yang dikumpulkan nanti 2 lembar KRS yang akan ditanda tangani oleh dosen wali, dan KHS yang akan ditanda tangani oleh Dekan fakultas Dr. Muhammad Kurjum.

Adapun mengeprint KHS ialah kita masuk pada menu Laporan Mhs pilih menu KHS lalu akan tampil tampilan KHS semester 2 yang belum ada nilainya, pada tampilan tersebut kita mengubah periode genap menjadi periode gasal, setelah itu tekan tombol print pada bagian kanan atas lalu diprint. Setelah semuanya di print, lalu kita akan mengumpulkannya kepada dosen wali, jika sudah dikumpulkan dan sudah ditanda tangani oleh beliau-beliau, nanti dosen wali akan menyetujuinya secara online lalu nama kita akan ada pada absensi dan akan kembali kuliah pada 2 maret insyaallah.

Catatan-catatan:
KRS belum sah/masih bisa diganti-ganti selama belum ditanda tangani dosen wali.
Ketika ingin menghapus mata kuliah, tekan tombol sampah samping kanan diatas.
Setelah menghapus satu  mata kuliah, jangan lupa untuk memastikan bahwa jumlah mata kuliah ada 10 butir/20sks.
Tutorial diatas ada baiknya jika langsung dipraktekkan di siakad.
                         
Demikianlah sedikit info dari saya, apabila ada kekurangan dalam tutorial pemrograman KRS diatas tersebut, dimohon untuk pembenarannya, dan silahkan anda diskusikan dengan teman sekelas dan berkonsultasi pada wali dosen. semoga bermanfaat bagi kita semua sang penuntut ilmu yang terhormat, kurang lebihnya mohon maaf assalamu alaikum Wr, Wb.
MK


No comments:

Post a Comment