Sunday, December 28, 2014

Apa sih tehnik membaca Skimming dan Scanning itu ???

    Skimming adalah tehnik membaca dengan cepat yang berfungsi untuk mengidentifikasi ide utama dari bacaan teks. Disaat  banyak bahan bacaan yang harus dibaca dengan waktu yang relative sedikit tehnik membaca skimming sangat cocok untuk digunakan. Tehnik membaca skimming juga sering digunakan ketika ujian yang banyak teks bacaannya. Tehnik membaca skimming adalah tiga sampai empat kali lebih cepat dari membaca biasa oleh karena itu dibutuhkan konsentrasi penuh saat membaca teks.

Cara untuk skimming teks bacaan yang pertama ialah baca judul teksnya, karena dengan membaca judul teksnya kita bisa mengetahui sepintas dari keseluruhan teks tersebut sehingga memudahkan kita untuk mencari ide utama dari teks tersebut. Baca teks awal dan teks akhir, karena ide utama biasanya terletak diawal kalimat dan diakhir kalimat yang mana diketahui kalau ide utama di depan kalimat adalah deduktif dan yang diakhir kalimat adalah induktif. Gigit ujung lidah kita selama kita sedang membaca karena dengan menggigit lidah kita, kita bisa membaca dan mencari ide utama dengan cepat.

Scanning adalah tehnik membaca dengan cepat untuk mencari informasi yang spesifik misalnya tanggal lahir seseorang, nomer telepon, kata dalam kamus, daftar nama orang dll. Untuk mencari informasi seperti diatas tersebut, tidak mungkin bagi kita membaca semua kata yang ada, selain membuang-buang waktu cara seperti itu juga membingungkan kita untuk mencari kata yang spesifik.

Cara untuk scanning teks ialah perhatikan kata yang bercetak tebal, miring, bergaris bawah atau ukuran katanya tidak lazim dengan kata yang lainnya. Carilah huruf awal kata jika kita ingin mencari arti kata dalam kamus. Carilah huruf pertama dari nama seseorang jika kita ingin mencari nama tersebut dalam daftar nomer telepon, daftar nama orang, dll.

Ringkasan  Skimming dan Scanning adalah sama-sama tehnik membaca dengan cepat yang mempunyai tujuan yang berbeda, kalau Skimming adalah tehnik membaca dengan cepat untuk mencari main idea dari teks bacaan, Scanning adalah tehnik membaca dengan cepat untuk mencari informasi yang spesifik seperti kata dalam kamus, nomor telepon, alamat dll.
Terima kasih..


MK

No comments:

Post a Comment